Tata Krama Pangkal Kesuksesan

Seorang saudagar membuka lowongan. Ia ingin mencari pemuda sebagai sekretarisnya. Banyak pemuda yang datang melamar. Pasa waktu yang ditentukan, mereka datang untuk menemui si saudagar.

Saudagar memnaggil mereka ke kantornya, satu per satu. Mereka ditanya banyak hal, untuk mengetahui kecakapan dan tata kramanya. Akhirnya, si saudagar memilih seorang pemuda, setelah tanya jawab singkat. Keputusan singkat itu membuat heran teman si saudagar yang hadir pada saat itu. Ia bertanya kepada si saudagar, “Apa alasanmu memilih pemuda ini, padahal kamu tidak banyak bertanya kepadanya?”

Saudagar itu menjawab, “Ketika masuk, ia membersihkan sepatunya ke keset dan mengetuk pintu dengan pelan. Dari situ aku tahu bahwa ia suka kebersihan dan keteraturan. Kemudian, ia memberi salam kepadaku dan menjawab pertanyaan-pertanyaanku dengan bersemangat dan bijak. Itu memberi pengertian kepadaku bahwa ia berbudi baik. Ia tenang menunggu giliran, tidak menyerobot temannya yang menghadapku. Kesimpulanku, ia orang yang rendah hati. Jika sifat-sifat ini ada pada diri seseorang, maka ia lebih utama ketimbang lainnya.”

Dari buku karya Abd Fattah Shobri dan Ali Umar

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Search This Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / laHistoria

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger